Resume Kapita Selekta Hukum

1.Kapita selekta : adalah kumpulan karangan yang masing-masing menguraikan sesuatu persoalan, tetapi persoalan yang diuraikan itu termasuk dalam lingkungan sesuatu ilmu pengetahuan.(J.C.T. Simorangkir, Kamus Hukum, Sinar Grafika, Jakarta, 2002).

Contoh: “Kapita Selekta Hukum Perusahaan”
              “ Kapita Selekta HukumPerdata” dsb.

2.Kapita Selekta Hukum adalah Kumpulan tulisan / karangan yang masing-masing menguraikan tentang hukum, dalam tulisan ini akan memuat  pembahasan tentang pengertian hukum sebagaimana  pengelompokan hukum dari aspek isi yaitu terdiri dari :
  • HukumPublik
  • Hukum Privat
  • Dengan berbagai sub bagian dan kaitannya diantara kedua bidang besar tersebut.

3.Gambaran dan pengertian secara umum tersebut nampak pada sketsa  dan uraian pengertian masing-masing bidang dan sub bidang sbb:

a. Sketsa:

1)      Gambaran Posisi Ilmu Hukum dalam Hasanah Imu Pengetahuan  ( Sosial dan Exacta)

2)      Gambaran pengelompokan hukum dari aspek isi ( Publik dan Privat) terdiri dari  Hukum Pidana, Hukum Perdata dan Hukum Kenegaraan ( Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara).

3)      Berbagai sub bidang Hukum Publik dan Privat  serta keterkaitan diantaranya.

b. Pengertian :
Ilmu Pengetahuan
Ilmu Hukum
Pengertian Hukum menurut pengelompokan secara umum
Pengertian Hukum menurut pengelompokan “aspek isi”
  • Hukum Publik
  • Hukum Privat
  • Hukum Pidana
  • Hukum Negara
  • Hukum Perdata
  • Hukum Dagang / Bisnis
  • Dsb.

                         
2) Skema Pengelompokan Hukum dari aspek isi dll.
a.        Menurut sumbernya :
1.        Hukum Undang-Undang
2.        Hukum Kebiasaan & Adat
3.        Hukum Yurisprudensi
4.        Hukum Traktat
5.        Hukum Doktrin
b.        Menurut Bentuknya
1.        Hukum Tertulis Dan
2.        Hukum Tidak Tertulis
c.        Menurut isinya
1.        Hukum Privat
2.        Hukum Publik
d.        Menurut Masanya
1.        Ius Constitutum (hukum positif)
2.        Ius Constituendum (hukum yang dicita-citakan)
e.        Menurut cara mempertahankannya
1.        Hukum Materil
2.        Hukum Formil
f.         Menurut Wujudnya
1.        Hukum Objektif
2.        Hukum Subjektif

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resume Kapita Selekta Hukum"

  1. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    ReplyDelete